Selasa, 26 Juni 2012

MAU BUAT E-KTP

KTP MANUALNYA ILANG :(

Apasih E-KTP itu?
Mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagin warga Indonesia, khususnya bagi yang sudah berusia 17 tahun, e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup.



Peristiwa yang benar - benar harus dijadikan pelajaran bagi gue, saat kehilangan benda berharga bagi seorang penduduk Indonesia, yah Kartu Tanda Penduduk yang mungkin bagi sebagian masyarakat menganggap membuat KTP itu butuh perjuangan, dan gue malah menghilangkannya begitu saja, semua bukan tanpa sebab atau alasan apalagi sengaja, siapa sih yang mau kehilangkan barang berharga sendiri? apalagi dengan sengaja? makanya semua terjadi bukan karena kesengajaan melainkan sebuah kecerobohan. yah semua terjadi ketika gue sedang mengikuti salah satu UMPTN di sebuah Universitas, dan pada saat itu peserta diwajibkan membawa kartu peserta dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan wajib diperlihatkan sebelm memasuki ruang ujian, sialnya pada hari itu terjadi hal yang tak terduga! gue yang udah siap masuk ruangan harus kembali menghadap panitia dikarenakan tidak memiliki bangku ujian, dan ternyata gue salah gedung! OMG! padahal sehari sebelum hari H gue udah survei tempat tapi karena kurang teliti dengan alamatanya alhasil ternyata salah gedung, yah,, gue yang dalam waktu setengahjam harus sudah duduk rapih dibangku ujian, harus berlari menuju gedung yang seharusnya, nah, mungkin pada saat itu lah peristiwa kehilangan KTP gue terjadi, yah kemungkinan besar tertinggal di meja panitia atau jatuh saat gue terburu-buru turun dan keluar gedung, atau busa jadi saat dijalan menuju gedung yang satunya,, yah itu kemungkina terbesarnya.

Bodohnya gue, sudah hampir 3 minggu dari peristiwa itu gue baru sadar kalo gue kehilangan KTP gue, dan lebih parahnya lagi, esok harinya gue sudah harus membuat e-KTP yang salah satu syarat wajibnya yaitu menyertakan fotocopy KTP manual, dan PARAHNYA lagi! gue ga punya copyan KTP manualnya, sudah terbayangkan bagaimana paniknya gue ketika gue diberitahu bahwa pembuatan e-KTP untuk keluraha gue cuma bisa dilakukan besok, kalau ga besok entah kapan lagi operatornya datang.
semua sudah terjadi, dan singkat cerita gue harus mendapatkan dan memepertanggung jawabkan kecerobohan gue.

Esok harinya tiba juga saat pembuatan e-KTP, gue dan keluarga datang ke kecamatan untuk membuat dan mengikuti prosedur pembuatan e-KTP, sudah diduga, gue tidak diijinkan untuk membuat e-KTP lantaran tidak menyertakan ftocopy KTP manual, dan pertimabngannya gue bisa ikut membuat asalkan memiliki surat kehilangan dari kepolisisan dan surat pengantar dari kelurahan, huaaaah, kebayang berapa banyak prosedur yang harus gue lewati, semua itu menambah beban batin gue yang sampai saat itu masih dibayang-bayangi sara bersalah pada dirisendiri.

" TUHAN,, jika memang kau ridhoi aku membuat e-KTP ini, permudahlah aku untuk menyelesaikan semua prosedur yang harus kujalani. AMIN"
Itulah yang hanya dapat gue lakukan, berdoa dan berharap-harap cemas bisa ikut membuat e-KTP yang diberi waktu samapi jam 3 sore dan pada saat itu jam sudah menunjukan jam 11 siang. 
tak buang-buang waktu, setelah selesai menunggu keluarga, gue ditemani kaka laki-laki gue berangkat menuju POLRES terdekat, terbesit di bayangan gue kalo bakal sulit mendapatkan surat itu, apalagi kejadiannya sudah lama sekali ditambah yang hilang hanyalah sebuah KTP, tapi diluar dugaan, sesampainya di POLRES entah apa yang ku fikirkan, saat diintrogasi dengan sedikit trik akhirnya, bapak polisi yang baik hati itu memeberikan surat kehilangan buat gue, sungguh diluar dugaan dan benar-benar merasa sangat dimudahkan,, belum slesai sampai disitu, gue yang terburu-buru mengejar waktu, langsung pamit dan menuju kantor kelurahan, dan waktu sudah menunjukan pukul 12.30.

Sesampainya gue dikantor kelurahan, apa yang terjadi? pegawai kelurahannya lagi pada istirahat, oalaaahhh.. panteslah, boh ya lagi jam isitirahat toh, ya mau ga mau harus nunggu dulu smapai jam masuk,, akhirnya jam 01.15 para pegawai kembali bekerja dan gue pun langsung menodong salah satu pegawai kelurahannya, haha nodong pake surat kehilangan, dan dengan sedikit tuturkata yang meyakinkan nan lebut, plus uang pelicin, ups! haha akhirnya dikasih juga surat pengantar dari kelurahan, bukan cuma itu aja, gue juga dapet memo langsung , jadi ga usah susah payah buat surat pengantar dari RT/RW buat bkin KTP manual sementara gue, hahah 

Alhamdulillah,, memang sudah di ridhoi dan doa gue dikabulkan, semua prosedur selesai sebelum jam 3 sore, gue sampai di kantor kecamaatan jam 14.00 dan mengikuti pembuatan e-KTP, 
nah ini nih Proses pembuatan e- KTP (Secara Umum)
> Mendaftar dan ambil nomor antrean
> Tunggu pemanggilan nomor antrean
> Menuju ke loket yang ditentukan
> Entry data dan foto :
- Penduduk datang ke loket yang sudah ditentukan membawa surat panggilan
- Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan database
- Foto (digital)
Pengambilan foto


- Tandatangan (pada alat perekam tandatangan)

Tandatangan

- Perekaman sidik jari (pada alat perekam sidik jari)

Perekam sidik jari

- Scan retina mata

Scan retina mata
- Petugas membubuhkan TTD dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tandabukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto tandatangan sidikjari.
- Penduduk dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil PROSES PENCETAKAN 2 MINGGU setelah Pembuatan.
 Itu tadi prosedur pembuatan e-KTP ,dan inilah pembelajran dan hikmah dibalik semua peristiwa yang gue alamai ini,:
1. gue harus belajar untuk lebih telaten melakukan sesuatu dan tidak ceroboh 
2. menyimpan dengan baik barang-barang atau file berharga
3. membuat fotocopyan file berharga yang BANYAK!
4. menyiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari sebelum hari H nya atau sebeleum dipergunakan
5. dan yang pasti, gua dapet satu hikamah yang berharga banget buat gue,yaitu,, Allah itu selalu ada buat kita, dan selalu medengar doa kita dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun, dan yang pasti bukan hanya didengar tapi juga dikabulkan, thanks GOD :')

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar